h1

Lima Pemicu Stres saat Liburan Tiba

December 27, 2009

Liburan bukan berarti kita sepenuhnya terhindar dari stress…:) kegagalan rencana liburan, Kekurangan dana untuk berlibur dan Penuhnya tempat tujuan liburan merupakan sumber stress yang tidak kita disadari. Maka untuk membantu temen-temen mengantisipasi stres, berikut ada beberapa pemicu stres yang umum muncul selama liburan dan cara mengatasinya.
1. Harapan terlalu tinggi

Jika kita cenderung stres sepanjang tahun karena tidak bisa memenuhi target-target , maka liburan cenderung akan memperkuat perasaan ini. Saat berkumpul dengan keluarga, mungkin saja semua hal tidak berjalan sempurna sesuai dengan harapan.

Yang perlu dilakukan: Fokuslah pada hal-hal yang realistis. Mempersiapkan liburan yang sempurna bukanlah pekerjaan satu orang. Mintalah bantuan teman atau anggota keluarga Anda yang lain. Pastikan tetap meluangkan waktu untuk melakuakn hal-hal yang Anda senangi.

2. Jadwal Anda terlalu padat

Berbagai macam undangan kadang membuat jadwal kita menjadi padat dibandingkan sebelumnya. Pesta kantor, acara open house tetangga, kunjungan keluarga, reunian sma dan belanja bisa membuat keadaan semakin tegang dan pusing memikirkan mana yang mesti dikunjungi, diutamakan atau didahulukan terlebih dahulu.

Yang perlu dilakukan: Siapkan diri Anda untuk berkata ‘tidak’. Mulailah menyusun prioritas, tolak beberapa undangan, dan siapkan jadwal untuk melakukan aktivitas liburan yang Anda nikmati. Cara ini jauh lebih baik dibandingkan mengerjakan sesuatu yang hanya berdasarkan perasaan keharusan semata.

3. Perpecahan dalam keluarga

Orangtua yang terlalu diktator dan saudara yang pasif-agresif bisa menguatkan masalah yang sebelumnya sudah ada. Ketegangan bisa meningkat, khususnya jiak Anda tinggal dalam waktu yang lama.

Yang perlu dilakukan: Jangan berhaap terlalu banyak.”Jika sebelumnya Anda sudah ada cekcok dengan anggota keluarga Anda, kemungkinan Anda akan kecewa jika mengharapkan sambutan liburan yang terlalu hangat dan penuh cinta,” terang Angela Londono-McConnell, PhD, presiden AK Counseling & Consulting, di Athena.

4. Kurangi tidur untuk sempurnakan segala sesuatu

Aktivitas berburu diskon untuk membeli hadiah dan terjaga sampai larut malam untuk membungkus kado-kado tersebut merupakan salah satu sumber stres. Liburan bukan berarti Anda harus mengabaikan jam tidur normal Anda. Kurang tidur akan membuat Anda stres dan uring-uringan.

Yang perlu Anda lakukan: Pastikan menjadikan tidur sebagai prioritas.

5. Penambahan berat badan

Studi-studi menunjukkan, banyak orang mengalami penambahan berat badan selama liburan dan selanjutnya kesulitan untuk menurunkan kembali. Makanan besar selama liburan membuat Anda stres dan merasa bersalah dan stres saat liburan membuat Anda makan lebih banyak.

Yang perlu dilakukan: Daripada menimbun lemak, ada baiknya menerapkan pola makan sehat yang membuat Anda bebas dari rasa bersalah. Pastikan makan sesuai jadwal biasa dan tetap memeperhatikan porsi dan kualitas makanan.

seLAmAt MenikmaTi LibUran yang menyEnAngKan…\(^_^)/

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/12/26/1983/4/Lima-Pemicu-Stres-saat-Liburan-Tiba

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: