h1

tugas etika Bisnis

October 17, 2009

Tugas Etika Bisnis
( Dosen : Titi Ayem Lestari)

Nama : Putri Wulandari
NPM : 11206177
Kelas : 4 EA 01
Materi : Jasa Konsultasi Skripsi; Disyukuri atau Dikutuk?

1. Siapa sajakah pihak yang berkepentingan atau stockholders ( pemegang pancang) dalam kasus ( baik eksplisit maupun implicit)?
Pihak yang berkepentingan atau stockholders ( pemegang panacang) dalam kasus ( baik eksplisit maupun implicit) adalah jasa konsultasi, mahasiswa pengguna jasa skripsi ini, pejabat, bekas pejabat, eksekutif atau pebisnis bahkan selebritis, dosen selaku pembimbing mahasiswa, dan pihak Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
2. Prinsin teori hak
• hak (right) : Merupakan pendekatan yang banyak dipakai untuk mengevaluasi baik buruknya suatu perbuatan atau perilaku. Dalam kasus di atas dapat dikatakan bahwa pengguna jasa konsultasi skripsi merupakan hak setiap individu karena jasa konsultan tersebut mudah ditemui dan mudah dihubungi serta dapat memberikan pengarahan bahkan dibuatkan saran-saran perbaikan.
• keadilan (justice) : Persamaan terhadap semua manusia kesetaraan keadilan. dalam kasus di atas adalah adanya ketidak adilan bagi mahasiswa lain (tidak menggunakan jasa konsultasi skripsi) yang berjuang dan berusaha membuat skripsinya dari pembuatan proposal sampai kepada penyelesaian akhir, sedangkan mahasiswa yang menggunakan jasa konsultasi skripsi dapat membuatkan skripsi mereka sampai selesai.
• utilitarianisma (utilitarianism) : Semakin tinggi kegunaanya maka semakin tinggi nilainya. Dalam kasus di atas segala sesuatu yang sifatnya praktis, bermanfaat, dan berguna akan cepat laku begitu pula yang dialami jasa penggunaan skripsi serta dapat dikatakan buruk atau tidak baik karena memberikan manfaat sebab pembuatan jasa skripsi tersebut memberikan proses pembuatan dari awal hingga selesai.
• egoisma (egoism) : Perilaku yang dapat diterima tergantung pada konsekuensinya memaksimalkan kepentingan terkait dengan akibat yang diterima. Dalam kasus di atas, banyaknya jasa konsultasi skripsi dan pembuatan skripsi dari awal hingga selesai merupakan tindakan egois jasa konsultasi skripsi tersebut yang hanya mementingkan keuntungan daripada menurunnya kualitas pendidikan di negara ini, perilaku banyak uang yang membuat banyak orang akan berfikir dengan memberikan uang maka semuanya akan menjadi beres.
• kelukaan (harm) : Penyimpangan yang mengakibatkan buruknya perilaku. Dalam kasus di atas, dengan membayar sejumlah uang kepada pengguna jasa konsultasi maka selesainya skripsi tersebut. Hal inilah yang melukai dunia pendidikan di negara ini khususnya dunia perguruan tinggi yang seharusnya menghasilkan mahasiswa/i yang kreatif tapi dengan adanya jasa konsultasi tersebut menghasilkan lulusan yang tidak berkualitas.
3. Setuju atau tidak dengan pernyataan tiap pihak dalam kasus?
• Pemberi jasa skripsi
Tidak setuju, karena dengan hal ini dapat menjadikan pihak pengguna jasa ini pemalas. Hal ini dapat ditanggulangi dengan sikap memberi pertolongan dengan cara menuntun pengguna jasa ini. Bukan dengan membuatkan secara keseluruhan tanpa ada ikut campur tangan,usaha dan kerjasama dari sipengguna jasa skripsi ini. Dengan memberi petunjuk kepada pengguna jasa menuntuy sipengguna jasa ikut belajar , bekerja keras dalam pembuatan skripsinya. Dan mendapat ilmu dari proses pembuatan skripsi ini.
• Pengguna jasa skripsi yang telah lulus
Setuju, karena pengguna jasa menggunakan jasa ini dengan baik. Yaitu cukup unutk konsultasi atau hanya pedoman buat belajar. Bukan untuk mengerjakan skripsi secara keseluruhan sampai selesai. Pengguna tetap mengerjakan skripsi sendiri dan dibantu dengan bimbingan konsultasi jasa skripsi dan tidak lepas dari bimbingan dosen pembimbingnya sendiri.
• Pengguna jasa yang masih menyusun skripsi
Tidak setuju, karena tidak mandiri dan bertanggung jawab. Walaupun skripsi tidak ada hubungannya dengan dunia kerja, tapi skripsi ini adalah hasil perjuangan mahasiswa selama menuntut ilmu dibangku perkuliahan. Skripsi ini adalah bagaimana cara kita menuangkan ilmu yang kita dapat dan mendapatkan ilmu baru selama proses pembuatan skripsi itu. Tidak semua PT, tidak mengijinkan mahasiswanya membaca skripsi yang sudah ada.
• Dosen / Dosen Pembimbing
Tidak setuju, , karena kalau dibiarkan mahasiswa atau pengguna lainnya seperti ini akan menimbulkan suatu kebiasaan buruk. Hal ini disebabkan karena dosen pembimbing tidak memberikan bimbingan yang diharapkan, dan membiarkan mahasiswa menjadi tidak bertanggung jawab. Mungkin solusinya adalah bimbingannya (mhasiswa bimbingan) jangan terlalu banyak agar bisa fokus.
4. Masalah etis yang dapat ditimbulkan oleh adanya jasa konsultasi skripsi:
merupakan tragedi pendidikan nasional, dimana terjadi kemunduran sikap dan mental seseorang yang bisa merubah orang menjadi tidak mandiri dan tidak disiplin sehingga berakibat kepada kurangnya kualitas pendidikan yang dimiliki seseorang.
5. Haruskah jasa pembimbing/ konsultasi skripsi dilarang?
Mungkin tidak, asalkan jasa ini tidak membuat penggunanya jadi pemalas dengan membiarkan jasa ini menyelesaikan keseluruhan proses pembuatan skripsi ini. Asalkan tujuanya baik dengan memberikan bimbingan, pedoman, ilmu yang bermanfaat dan bantuan yang wajar jasa skripsi ini tidak perlu dilarang.
6. Prinsip etika bisnis “What is legal is ethical” menurut pandangan saya benar bahwa asal tidak melanggar hukum ya etis. Namun, sebaiknya ini disesuaikan pula dengan fungsi dan peranan masing-masing. Untuk jasa konsultasi skripsi ini pun tidak ada salahnya, namun terkadang si pengguna jasa memanfaatkan peluang ini menjadi jasa pembuatan skripsi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: