h1

proposal Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp

December 21, 2008

Tema : pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.Latar Belakang Masalah
Perkembangan informasi mengalami kemajuan yang sangat pesat pada berbagai bidang kehidupan manusia. Informasi mempunyai beragam bentuk penyajian yang ditujukan untuk menarik perhatian setiap orang yang melihatnya. Karena itu, informasi disajikan dalam bentuk yang menarik dan dibangun secara professional.
Kebutuhan masyarakat akan informasi sangat meningkat, untuk memenuhi kebutuhan ini diperlukan sarana- sarana ynag memadai dalam rangka pengiriman dan penerimaan informasi yang baik. Restoran Steak & Ribs Kenyot Corp berencana untuk meningkatkan jumlah pelanggannya di tahun 2008. Semenjak tahun 2006 manajemen tersebut menyadari bagian yang penting dari instrument pemasaran produk perbankan adalah pesan (message) yang dikomunikasikan kepada pelanggan melalui berbagai unsure yang terdapat dalam promosi.
Program promosi merupakan saluran primer bagi komunikasi pesan kepada konsumen, baik konsumen yang ada maupun nasaah potensial (Stanton, 1996). Hal ini menuntut pihak penyedia jasa restorant untuk mencermati strategi-strategi pemasaran yang paling tepat. Salah satu unsure paduan pemasaran yang ebrpenagrug terhadap perilaku pelanggan restoran adalah paduan pengelolaan produk dan promotion mix (Oktobriono, 2003). Menurut JUanda (2005) factor yang menjadi pertimbangan utama pelanggan dalam memilih restoran dan cafe adalah produk, pelayanan dan promosi.
Sampai saat ini manajemen restoran masih belum memeperoleh gambaran yang pasti tentang pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan, serta strategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggannya. Maka berdasarkan hal tersebut, penulis ingin membahas mengenai pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan serta strategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan.

1.2 Rumusan Masalah
Penulis membatasi masalah hanya pada:
a.Factor apa saja yang mempengaruhi pertimbangan pelanggan dalam memilih restoran dan cafe?
b.Kegiatan promosi apa yang dilakukan untuk menarik pelanggan?
c.Bagaimana pengaruh dari kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan?
d.Stategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan?

1.3 Tujuan Penulisan
Adapun maksud dan tujuan penulis dalam penulisan ilmiah ini adalah:
a.Untuk mengetahui strategi dan kebijakan apa yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah pelanggan
b.Untuk mengetahui/ dapat memperoleh gambaran tentang pengaruh kegiatan promosi terhadap kepuasan dan peningkatan jumlah pelanggan
c.Untuk mengetahui factor- factor apa saja yang mempengaruhi pertimbangan pelanggan dalam memilih restoran dan cafe.

1.4 Metodologi Penelitian
1.4.1 Populasi & sampel
Dalam pengumpulan data, peneliti mengambil populasinya adalah konsumen/ pelanggan Restoran Steak & ribs Kenyot Corp.
Sedangkan jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden.

1.4.2 Model
Dalam pengumpulan data, keterangan dan informasi yang relevan maka penulis melakukan riset dengan jalan:
a.Penelitian di Perpustakaan
Dilaukukan denagn mencari data-data yang diperlukan dan lainnya sebagai landasan teori untuk menganalisa data yang diperoleh di lapangan.
b.Penelitian di Lapangan
Penelitian ini dilakukan secara langsung terhadap objeknya untuk mendapatkan data-data primer maupun data sekunder yang diperlukan untuk pembuatan penelitian ilmiah ini. Salah satunya dengan cara:
Wawancara dengan manajer restoran, karyawan.
Kuisioner yaitu dengan mebagikan kuisioner kepada konsumen restoran tersebut.
Obsevasi yaitu penulis mendatangi objek yang bersangkutan.
1.4.3 Variabel
promosi, Jenis fasilitas pelayanan tertentu, variabel-variabelnya adalah:
kualitas makanan
jenis menu dan sajian makanan
hadiah dan
pelayanan

1.5 Sistematika Penulisan
Untuk lebih memperjelas gamabaran mengenai penyusunan ini, maka secara garis besar disusn secara sistematis, sebagai berikut:

BAB I PENDAHULUAN
Pada bab ini berisikan Latar Belakang, Rumusan Masalah, Metodologi Penulisan dan Sistematika Penulisan

BAB II LANDASAN TEORI
Bab ini mencakup teori-teori yang menyangkut denagn analisa penilaian proyek.
BAB III PEMBAHASAN
Dalam bab ini semua data yang didapat akan dianalisa dan dicari penyelesaiannya.

BAB IV PENUTUP
Dalam bab ini memuat tentang kesimpulan dari pembahasan yang akan di laksanakan dan saran-saran dari penulis tentang penilaian proyerk-proyek yang akan dilaksankan.

* usulan strategi

1. promosi
2. Meningkatkan kualitas makanan
3. meningkatkan kuantitas tempat duduk
4. MEningkatkan waktu operasi

5. kupon diskon

5

2 comments

  1. poor work, because there isn’t red lines between topics, background and problems, and also you didn’t describes clearly research model and variable (please read instruction of the exam problems).

    Rgds
    Prihantoro


  2. bro jangan copas donks.. “http://maximusblue.blogspot.com/2008/12/proposal-penelitian-restoran-steak-ribs.html” kasihan yang uda buat nya



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: